Program tahfizhul qur’an merupakan program unggulan di Perguruan Diniyyah Al-Azhar. Dalam rangka meningkatkan hafalan quran siswa dan santrinya, pada akhir semester I ini Perguruan Diniyyah Al-Azhar melaksanakan karantina tahfizh bagi santri dan siswa kelas akhir yaitu santri kelas 3 MTs DIAZ Bungo, kelas 3 MA DIAZ Bungo, kelas 3 SMAIT DIAZ Jambi dan juga beberapa mahasiswa-mahasiswi STKIP dan STIT Al-Azhar Diniyyah Jambi dengan total keseluruhan peserta berjumlah 119 orang. Program ini merupakan program tahunan Perguruan Diniyyah Al-Azhar yang pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2018 – 2 Januari 2019 yang dilaksanakan di kampus Perguruan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo.

Pada karantina tahun ini para peserta ditargetkan dapat meningkatkan hafalan qurannya sebanyak 1 juz dengan target per hari hafal 1 lembar.

Beberapa kegiatan turut dilaksanakan pada karantina tahfizh tahun ini untuk meningkatkan pencapaian target hafalan yang dibimbing oleh beberapa musyrif dan musyrifah di bidang pembinaan DIAZ Bungo. Selain menghafal Al-Qur’an juga dilaksanakan pembelajaran kitab kuning, sholat tahajud berjamaah sholat dhuha berjamaah & pembacaan Al-Ma’tsurat.

Muraja’ah juga merupakan salah satu kegiatan penting bagi peserta untuk memaksimalkan hafalannya.

Antusiasme dan semangat peserta dalam menghafal Al-Qur’an sangat tinggi. Terbukti dengan adanya beberapa peserta yang sudah memenuhi target pencapaian. Ustazah Hidayatun, S.Hum, salah satu musyrifah DIAZ Muara Bungo menyampaikan bahwa rata-rata hafalan peserta pada tahun ini 3 dan 4 juzz hafalan quran. “Rata-rata hafalan peserta yang mengikuti kegiatan karantina tahfizh ini 3 dan 4 juzz hafalan quran dengan harapan dengan adanya kegiatan tahfizh ini dapat meningkatkan penguasaan hafalan mereka. Bahkan sudah ada beberapa peserta yang sudah memenuhi target hafalan” ungkapnya. Beliau juga menyampaikan hafalan terbanyak pada tahun ini berjumlah 12 juzz hafalan quran oleh santriwati kelas 3 MA DIAZ Muara Bungo atas nama Dwi Sulistiani.

Para peserta yang mengikuti kegiatan karantina tahfizh ini direncanakan akan diwisuda pada tanggal 02 Januari 2019 mendatang yang akan dilaksanakan di Perguruan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo. Semoga dengan kegiatan karantina ini dapat meningkatkan semangat dan hafalan santri dan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Amin.

singlepost-ic By admin Category: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *