Pondok pesantren sejatinya merupakan salah satu institusi pionir untuk mencetak generasi islami yang disiplin, mandiri, dan berkarakter. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan pondok pesantren memiliki kontribusi besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian pula halnya dengan Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo yang terus berinovasi, dalam mencetak generasi islami di Kabupaten Bungo khususnya dan Provinsi Jambi umumnya.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, tak lantas membuat semangat para santri di Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo mengendor. Para santri di Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo ini justru semakin semangat menggelar berbagai kegiatan dalam memperingati hari Santri Nasional 2020 ini.

Pemilihan Putra-Putri DIAZ Awali Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional 2020

Dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan untuk mengantisipasi covid-19 para santri di Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo mengikuti pemilihan putra-putri Diaz tingkat Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo. Proses seleksi sendiri dilakukan sejak (16/10/20) dan finalnya berlangsung pada (21/10/20). Dimana pada babak final pemilihan putra-putri Diaz tingkat Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo ini dihadiri langsung oleh Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi, Ustadz H.M. Hafizh El Yusufi S.Pd.I. M.M.

Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo Gelar Upacara Virtual

Tak hanya menggelar pemilihan putra-putri Diaz tingkat Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo saja. Untuk memeriahkan hari Santri Nasional tahun 2020 di tengah Pandemi ini juga digelar upacara bendera pada (22/10/20) yang diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati di Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo. Baik dari tingkat MTs maupun tingkat MA. Bertindak sebagai pembina, pada upacara peringatan hari Santri Nasional tahun 2020 di Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo tersebut adalah Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi, Ustadz. H.M. Hafizh El Yusufi S.Pd.I., M.M.

Upacara yang berlangsung secara virtual di akun YouTube Diniyyah Al-Azhar Tv dan disiarkan oleh DIAZ Radio 98.4 FM Jambi tersebut dihadiri oleh Ketua YPPD Al-Azhar Muara Bungo-Jambi Umi Dra. Hj. Rosmaini MS. M.Pd.I. turut hadir pula Pembina YPPD Al-Azhar Muara Bungo-Jambi Buya DR. H. Maksum Malim Lc., M.Pd.I beserta Wakil Ketua YPPD Al-Azhar Muara Bungo-Jambi, Ustadz H.M. Zulfadhli El Yusufi, Lc. M.Pd. dan Wakil Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi Ustadz H. Abdul Muhaimin El Yusufi, B.Sy.E. M.E.

Pada upacara peringatan hari Santri Nasional tahun 2020 ini para santri putra beserta Murabbi nya mengenakan kain sarung, sebagai simbol anak santri yang berkarakter. Hal tersebut kian menambah khidmatnya Upacara Bendera di hari Santri Nasional tahun 2020. Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi, H. M. Hafizh El Yusufi S. Pd.I., M.M. dalam arahannya memaparkan bahwasanya setiap 22 Oktober diperingati sebagai hari santri nasional.

“Santri bukan hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi santri itu memikirkan untuk bermanfaat bagi orang lain, bukan sekedar cita-cita bukan sekedar mengejar karir, bukan sekedar mengejar profesi-profesi yang prestisius yang bisa untuk mengangkat reputasi masing-masing, namun menjadi santri pada hakikatnya kita bukan untuk memperjuangkan diri kita sendiri, melainkan untuk memperjuangakan kemaslahatan orang banyak, dan memberikan manfaat yang besar bagi orang banyak” ujar Ustadz Hafizh.

Peringatan Hari Santri 2020 secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Di Indonesia, pandemi COVID-19 telah ditetapkan sebagai Bencana Nonalam melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pagelaran Drama Collosal Perempuan Tangguh oleh Santri Diniyyah Muara Bungo

Peringatan hari santri nasional tahun 2020 di Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo ini juga diapresiasi dengan menghadirkan Drama Collosal yang bertajuk “Perempuan Tangguh”. Drama yang dipersiapkan oleh tim dari Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo tersebut terinspirasi dari sosok sang perempuan tangguh itu sendiri. Yakni Umi Dra. Hj. Rosmaini M.S., M.Pd.I. sang pendiri Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi-Tebo.

Drama Collosal yang digawangi oleh Ustadz Fahrurozi tersebut mengisahkan perjuangan seorang Umi Rosmaini sejak kecil dan perjuangan ketika mengenyam pendidikan di Diniyyah Puteri Padang Panjang, yang kurang mendapat restu dari orang tuanya.

Sebelum pementasan drama berlangsung Umi Hj. Rosmaini mendapat hadiah sebuah puisi indah dari salah seorang putranya, yakni Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi, H.M. Hafizh El Yusufi S.Pd.I., M.M. yang siap untuk meneruskan perjuangan sang ibunda, membesarkan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi, sehingga dapat terus memberikan manfaat bagi orang banyak.

Sang Perempuan Tangguh tersebut, Umi Dra. Hj. Rosmaini M.S. M.Pd.I. dalam sambutannya mengungkapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjuangan beliau mendirikan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo – Jambi. Umi juga berpesan, bahwa jika memiliki mimpi harus berani dan bertekad untuk mewujudkannya.

“Pada malam hari ini rasanya Umi seperti bermimpi, rasa iya rasa nggak acara hari ini, karena rasanya terlalu jauh untuk bisa dijangkau. 43 tahun itu bukan waktu yang sedikit. Tidak terasa, seperti kalau kita mau mendaki sebuah gunung kita jangan berpikir dari bawah, bagaimana sampai ke atas. Tapi tekadlah, yakinlah, siapa yang bersungguh-sungguh pasti Allah tunjukkan banyak jalan, tanpa kita sadari, bahwa selangkah dua langkah sampai seribu langkah tanpa kita sadari bahwa gunung yang tinggi itu sudah berada di bawah telapak kaki kita” ungkap Umi Hj. Rosmaini.

Pementasan Drama Collosal yang berlangsung pada Kamis malam 22/10/20 ini, juga ditayangkan secara virtual di Youtube Diniyyah Al-Azhar Tv dan disiarkan langsung oleh DIAZ Radio 98,4 FM Jambi, yang turut melibatkan tim produksi dari Swarna TV dan tim DIAZ Media Jambi dan Bungo.

Pengalaman terbaik beberapa Pesantren yang telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi COVID-19 menjadi bukti nyata bahwa Pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dan sikap kehati-hatian Pimpinan Pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding proses belajar di Pesantren.

Tim Liputan / DIAZ Media /Mengabarkan/////

singlepost-ic By admin Category: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *